Resep Cilok ala Taste-Sty Karya TASTE-STY

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Cilok ala Taste-Sty Karya TASTE-STY
  • Resep Cilok ala Taste-Sty oleh TASTE-STY

    Berikut ini adalah resep Cilok ala Taste-Sty. Resep Cilok ala Taste-Sty yang dibuat oleh TASTE-STY bisa jadi .



    bahan dan cara membuat Cilok ala Taste-Sty


    Resep Cilok ala Taste-Sty


    Porsi:

    Bahan-bahan

    1. 150 gr Tepung Tapioka
    2. 125 gr Tepung Terigu
    3. 2 batang Daun Bawang, iris halus
    4. 1 sdt Bawang Putih yg sudah dihaluska/ uleg
    5. 1 sdm Bawang Goreng yg sudah dihaluskan/ diremukkan
    6. 1 sdt Kaldu Jamur
    7. 1 sdt Bubuk Bawang Putih
    8. 1/2 sdt Gula Pasir
    9. secukupnya Air Panas (± 250ml)
    10. secukupnya Garam
    11. Saus Kacang :
    12. 100 gr Kacang Tanah
    13. 5 siung Bawang Putih
    14. 3 butir kemiri sangrai
    15. 7 buah Cabai Merah Keriting
    16. 5 buah Cabai Rawit
    17. 5 sdm Gula Merah yg diiris halus
    18. 5 sdm Kecap Manis
    19. ± 500 ml Air matang (bisa diganti santan)
    20. 2 sdm Saus kacang instant untuk sate (optional)
    21. 2 sdm Saus Tomat
    22. 5 sdm Saus Sambal abang-abang kakilima
    23. secukupnya Garam & Gula Pasir
    24. secukupnya Minyak Goreng untuk menumis

    Langkah

    1. Untuk adonan cilok, langkah pertama campur semua bahan kering dan tepung (kecuali bawang putih uleg) dalam wadah loyang. Campur semua bahan hingga merata termasuk bawang goreng & daun bawang, sisihkan.

    2. Panaskan air, saya pakai 1 cup air matang ± 250ml. Setelah mendidih masukkan bawang putih uleg, matikan api. Tuang air panas sedikit demi sedikit kedalam loyang yg berisi tepung sambil diaduk rata dengan sendok kayu. Kalau adonan sudah tidak terlalu panas, uleni dengan tangan hingga rata. Adonan yg diinginkan yakni hingga kalis/ tidak lagi lengket ditangan.

    3. Setelah adonan kalis, ambil sedikit adonan lalu bentuk bulat dengan besar sesuai selera. Selanjutnya, didihkan air (agak banyak) dalam panci. Kemudian masukkan bulatan adonan ke dalam air mendidih dengan api sedang cenderung agak kecil agar cilok matang sempurna. Tanda cilok sudah matang adalah cilok mengambang. Angkat, lalu tiriskan pada wadah yg sudah diberi sedikit minyak agar tidak lengket. Sisihkan.

    4. Untuk saus kacang, goreng kacang hingga agak kecoklatan. Jangan sampai gosong karena akan pahit. Tiriskan, tunggu hingga dingin lalu haluskan. Sementara itu, uleg cabe merah, rawit, kemiri dan bawang putih lalu tumis hingga harum dan berubah warna.

    5. Setelah bumbu harum dan berubah warna keemasan, masukkan kacang aduk rata dengan menambahkan sedikit air. Masukkan juga bumbu kacang instant, kecap & gula merah. Aduk rata hingga mendidih lalu tambahkan air hingga kekentalan sesuai selera.

    6. Setelah saus kacang tanak dan kentalnya pas, cek rasa. Karena saus banyak, saya pisahkan untuk stok dalam wadah lain. Saya hanya menyisakan setengah saus kacang di panci. Kemudian tambahkan saus sambal & saus tomat kedalam saus kacang. Aduk sebentar, matikan api. Sisihkan

    7. Untuk penyajian, letakkan cilok dalam piring atau mangkuk lalu siram cilok dengan saus kacang dan beri taburan bawang goreng. Yummmy~ Cilok siap disantap

    8. P.S: Saus sambal yg saya gunakan adalah saus abang-abang jualan bakso/ mieayam kakilima, supaya rasa ciloknya yg juga ala-ala kakilima hehehe. Kebetulan saya nyetok saus ini sisa dari beli mie ayam yg dibungkus bawa pulang :P Bisa di skip dengan menggunakan saus bermerck yaa.. Hanya saja kurangi takarannya karena saus bermerk terasa lebih asam.




    Demikianlah Resep Cilok ala Taste-Sty, Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.Untuk mendapatkan resep masakan lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. terdapat lebih dari satu juta resep masakan yang pastinya dapat membantu menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Cilok ala Taste-Sty diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Cilok ala Taste-Sty Karya TASTE-STY diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Cilok ala Taste-Sty Karya TASTE-STY dengan alamat Url: https://anackay91.blogspot.com/2017/04/resep-cilok-ala-taste-sty-karya-taste.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.