Resep Asem-Asem Balungan / tulang praktis (KhasJatim) #ResepNusantara Oleh Dama Corner

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Asem-Asem Balungan / tulang praktis (KhasJatim) #ResepNusantara Oleh Dama Corner
  • Resep Asem-Asem Balungan / tulang praktis (KhasJatim) #ResepNusantara oleh Dama Corner

    Dibawah ini adalah cara membuat Asem-Asem Balungan / tulang praktis (KhasJatim) #ResepNusantara. Resep Asem-Asem Balungan / tulang praktis (KhasJatim) #ResepNusantara yang dibuat oleh Dama Corner dapat disajikan 6porsi.



    resep lengkap untuk Asem-Asem Balungan / tulang praktis (KhasJatim) #ResepNusantara


    Resep Asem-Asem Balungan / tulang praktis (KhasJatim) #ResepNusantara


    Porsi: 6porsi

    Bahan-bahan

    1. ? Bumbu (di iris)
    2. 10 siung bawang merah
    3. 8 siung bawang putih
    4. 4 cabe rawit
    5. 2 cabe merah
    6. ? bahan
    7. 200 gr tulang ayam sisa fillet
    8. 50 gr ceker ayam
    9. 50 gr kikil sapi, iris sesuai selera
    10. 1/2 balok tempe, potong dadu
    11. 4 helai kacang panjang,potong2
    12. 7 tangkai daun kedondong, ambil daunnya aja
    13. 2 buah tomat kecil, potong2
    14. 1 sdt asem jawa yg matang
    15. 1 ruas laos, geprek
    16. 1 lembar daun salam
    17. 7-9 cabe rawit. Biarkan utuh
    18. Secukupnya Gula, garam
    19. 1 sdt kaldu bubuk
    20. 1 liter air

    Langkah

    1. Kaldu: didihkan air kurleb 300ml. Masukkan tulang ayam, ceker, kikil pada SAAT AIR BENAR2 MENDIDIH. fungsinya untuk menghentikan darah dan mengeluarkan kotoran. Rebus kurleb 5-10 menit atau sampai darah sudah tidak terlihat. Matikan api, tiriskan isinya dan buang airnya.

    2. Didihkan lagi 700ml air. Biarkan benar2 mendidih baru masukkan tulang,ceker, kikil. Masak api sedang selama 20-30 menit. Tujuannya mengeluarkan sari dr tulang biar gurih.

    3. Bila air sudah berubah jadi sedikit keruh artinya kaldu siap dipakai. Masukkan bumbu iris, laos, daun salam, cabe rawit utuh dan asam jawa. Lalu kacang panjang dan tempe.

    4. Masak hingga kacang layu. Setelah itu masukkan tomat, gula, garam, kaldu bubuk. Aduk rata. Test dan koreksi rasa. Bila kurang asam bisa tambah tomat / asam jawa. Rasa Masakan ini dominan asam, manis dan gurih.

    5. Terakhir, gunakan api kecil dan masukkan daun kedondong. Aduk rata slama 5 detik / sampai daun kedondong layu. Matikan api. Asem2 siap disajikan. Nikmat di makan bersama telor ceplok, sambel trasi, tempe goreng atau ikan asin.

    6. Tips n trick : rasa asam bisa dari kombinasi tomat dan asam jawa, cuka atau belimbing wuluh.

    7. Untuk menonjolkan rasa manis, bisa digunakan gula pasir atau lebih enak pake gula merah dan masukkan gula paling pertama dibanding bumbu serbuk lain dan beri jeda sblm memasukkan bumbu serbuk lain.




    Demikianlah Resep Asem-Asem Balungan / tulang praktis (KhasJatim) #ResepNusantara, Harapan kami berguna untuk anda.Untuk mencari berbagai resep lainnya gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. Kami memiliki hampir satu juta resep yang tentunya dapat membantu untuk menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Asem-Asem Balungan / tulang praktis (KhasJatim) #ResepNusantara diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Asem-Asem Balungan / tulang praktis (KhasJatim) #ResepNusantara Oleh Dama Corner diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Asem-Asem Balungan / tulang praktis (KhasJatim) #ResepNusantara Oleh Dama Corner dengan alamat Url: https://anackay91.blogspot.com/2019/11/resep-asem-asem-balungan-tulang-praktis.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.